Tips dan Pengalaman Mengurus visa Tourist Amerika (USA)



    Say something to Patung Liberty " Aku Pasti Bisa ke sini". πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡


    Hai semua tourist capcus, kali ini saya akan memberikan pengalaman dan tips mengurus visa turis amerika. sebenarnya alasan mengurus visa amerika karena semenjak di akhir sekolah menengah atas sudah di tawarin untuk sekolah di Luar negeri dan setelah lulus bisa kerja di amerika. hanya saja karena saya cinta negara indonesia dan bahasa yang tidak mendukung maka niat untuk pergi di tutup rapat-rapa dan saya putuskan untuk tetap kuliah dan bekerja di indonesia. setelah kerja lima tahun di rumah sakit swasta terbagus di bandung dan tabungan sudah mencukupi untuk ke amerika maka saya berminat untuk mengurus visa amerika.

    saat itu keluarga saya yang di amerika pulang ke indonesia dan kita ngumpul di rumah nenek untuk temu kangen dan saling sharing tentang kebaikan tuhan. kebetulan keluarga saya menceritakan bagaimana mereka di amerika. sebenarnya saat kuliah dan kerja juga sering nonton youtube dan baca artikel bagaimana ke amerika. gak tau angin apa yang membuat saya untuk mengurus visa setelah mereka balik ke amerika. ketika ngurus visa saya tidak memberitahu ke keluarga. salah satu yang membuat saya tertarik untuk ke amerika karena rasa penasaran dengan negara adikuasa tersebut dan merasakan udara serta hal-hal yang menakjubkan di amerika. eits satu hal lagi katanya disana banyak uang asalkan mau bekerja keras. maka dari itulah saya penasaran dan memberanikan diri untuk mengurus visa.
    Mungkin saya seperti kalian semua yang juga ingin mendapatkan visa amerika. pada saat pertama kali ingin mendapatkan visa Amerika Serikat pastinya bingung dan bertanya-tanya. Mulai untuk mencari-cari informasi di internet, terutama berdasarkan pengalaman seseorang. Oleh karena itu, di sini saya ingin sharing pengalaman saya yang hingga mendapatkan visa Amerika Serikat walau tanpa banyak histori perjalanan keliling dunia.
    Proses persiapan dan keberangkatan ke Amerika Serikat menurut saya cukup panjang, dan saya disarankan untuk ikut travel agent. awal bulan januari saya mulai chat agent travel yang menawarkan pengurusan visa. saat itu bulan februari dan maret sudah penuh untuk jadwal interview visa. dari situ saya berfikir waw banyak juga yang antri untuk ke amerika. sempat saya menghiraukan agent tersebut. di awal februari saya chating lagi untuk kedua kalinya dan menanyakan jadwal untuk interview visa yang tersedia bulan berapa dan tanggal berapa. lalu di beritahukan bulan april pertengahan. saya jawab okey dan saya ambil tanggal tersebut.
    Pengalaman saya ke luar negeri mostly adalah mengunjungi negara-negara ASEAN yang notabene tidak memerlukan visa (cukup paspor). Mengajukan visa kali ini merupakan pengalaman pertama saya. Saya langsung mencari di internet tentang bagaimana cara mengajukan visa dan membaca dan nonton youtube pengalaman orang-orang yang mengajukan visa US. awalnya saya mau ngurus sendiri tanpa agent travel. hanya saja karena saya malas untuk mengisi dan takut ada salah dalam pengisian formulir makanya saya memilih agent travel.
    well, saya bayar untuk pengurusan visa pada saat itu sekitar $190 dan pihak agent memberikan formulir yang akan saya isi. pada dasarnya isinya mengenai informasi data diri, sekolah, pekerjaan, penghasilan per bulan, negara apa saja yang di kunjungi, apakah punya keluarga di amerika, alasan ke amerika, dan lain-lain. pada saat aku baca dan isi pertanyaan tersebut saya mulai sedikit ragu dan selebihnya menyerahkan semuanya kepada agent travel. puji tuhan banget saat pertama kali interview di kedutaan amerika di jakarta saya lulus. bayangkan dari bulan februari sampai bulan april pertengahan interview saya belajar untuk bahasa inggris dan ternyata bisa pake bahasa indonesia.
    kalau di tanya nervous atau enggak, saya jawab iyah saya nervous. tapi saya bawa dengan enjoy saat bertatapan dengan petugas interview. dari hotel sampai selesai pengecekan dokumen saya masih merasakan yang namanya nervous. gak tau kenapa tiba-tiba di depan petugas nervous saya hilang. mungkin saya melihat petugas yang dihadapan saya sangat baik dan bawaannya enak gitu saat ngobrol. yah kita seperti ngobrol biasa. awalnya saya sempat di curigai karena dikiria saya ke amerika mau bekerja. padahal sebenarnya sekitar 30% pengen bekerja disana juga.
    Untuk memmbantu teman-teman yang mungkin akan mengajukan visa US, saya akan memberikan tahapan berdasarkan pengalaman saya. Sebagai informasi, saya mengajukan visa dengan menggunakan Tourist Visa. Saya akan coba sharing bagian apa saja yang terpenting saya lakukan saat pengurusan visa US berdasarkan kronologi hingga mendapatkan visa US. Berikut pengalaman cara mendapatkan visa Amerika Serikat yang saya alami: 

1. Mencari agent travel yang resmi dan sudah berpengalaman dalam beberapa tahun

2. Menjadwalkan Wawancara

3. Membayar Biaya Visa

4. Persiapan Dokumen untuk Wawancara

5. Kunjungan ke Kedutaan

6. Proses Wawancara

7. Persetujuan dan Mendapatkan Visa


Mencari Agent Travel yang Resmi dan Sudah Berpengalaman Dalam Beberapa Tahun

    Saya akan jelaskan tips mencari agent travel yang resmi dengan kriteria berikut ini:

πŸ’’ Telah terdaftar secara resmi dan legal,

πŸ’’ Memiliki lokasi yang benar atau memiliki kantor yang bisa di kunjungi

πŸ’’Kredibilitasnya terbukti baik, transparan dan responsif.

    Disini saya percaya dengan agent travel yang telah di rekomendasikan oleh keluarga saya karena ada beberapa yang sudah lulus dan ada juga yang tidak lulus. jadi menurut saya agent tersebut tidak penipuan. kebetulan mereka punya sosila media, website, dan ada travel untuk ke US dan beberapa negara lainnya. jangan berpikiran negative terhadap agent yang sudah di pilih, percaya dan doakan mereka pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita dan mereka juga pasti berharap kita akan lulus.




Menjadwalkan Wawancara

seperti yang saya ceritakan di atas, ambil jadwal yang emang benar hati dan jiwa kalian siap. sebelumnya cari tahu dulu apakah dokumen yang kita persiapkan sudah lengkap, kasih jeda beberapa hari atau minggu untuk memantapkan diri dan mengambil keputusan menentukan wawancara. jika sudah bulat maka segera langsung beritahu ke agent travel kapan siapnya anda untuk dilakukan wawancara.


Membayar Biaya Visa

nah, karena saya milihnya agent jatuhnya lebih mahal dari pada daftar sendiri. kalau di agent travel yang saya sekitar $190 dan jika daftar sendiri di website Usembasy sekitar $160. namanya juga kita menggunakan jasa orang dan saya sendiri tipekal yang gak suka merepotkan diri makanya saya memilih agent. remember jika bayar visa nya pastikan nomor rekening pemilik agent adalah yang akurat dan dipercaya. jangan mau jika mengatasnamakan petugas atau karyawan tersebut melainkan harus bener-bener nama resmi pemilik agent tersebut. karena di setiap agent pasti ada aja petugas yang tiba-tiba keluar atau apapun.



Persiapan Dokumen Untuk Wawancara

well, saya akan sebutkan apa-apa saja dokumen yang saya siapkan. yang pertama sekali adalah:

πŸ’’ Paspor.

Pastikan paspor anda masih aktif dalam enam bulan atau lebih kedepannya. jika paspor sudah mendekati masa aktif atau expired segera lakukan perpanjang paspor. usahakan juga paspor kalian tidak kosong capnya. maksut saya adalah sebelum mengajukan visa Us kalian sudah pernah bepergian ke luar negeri yang terdekat seperti ASEAN or negara lainnya supaya saat wawancara petugas tidak uriga terhadap kalian.

πŸ’’Foto paspor

Foto paspor saat ini sudah ada diberbagai tempat. pastikan memilih yang bagus dan berkualitas karena saat pendaftaran foto diminta untuk di upload dan di saat pergi ke lokasi kedutaan US foto visa juga harus disiapkan

πŸ’’Kartu Keluarga asli, print report buku tabungan tiga bulan terakhir, slip gaji, surat keterangan bekerja

Dokumen ini saya bilang penting dan sedikit penting. kenapa saya mengatakan itu? alasannya adalah karena disaat saya mempersiapkan semua dokumen tersebut petugas interview sama sekali tidak memeriksa atau menanyakan. satu sisi ada beberapa orang juga yang di cek tapi enggak banyak. persiapkan saja dokumennya. di cek atau enggak yang penting sudah ada kita bawa mentahannya. right?.


Kunjungan ke Kedutaan US

jika sudah saatnya untuk ke kedutaan US, jangan terlambat. usahakan 10-20 menit sebelum jam interview kalian sudah ada di depan kantor kedutaan. jangan begadang malam harinya supaya saat interview kalian tampak segar dan cerah. jangan lupa juga makan supaya ada tenaga. pakai baju yang sopan, rapih, bersih dan elegan. supaya menunjukkan kualitas background diri sendiri. sebelum pergi berdoa juga dan lihat lagi dokumen kalian apakah sudah lengkap.



Proses Wawancara

kalian akan melihat ada 3 orang petugas interview, dari anak muda sampai yang agak berumur. kebetulan pada saat saya wawancara tiga pria ada yang murah senyum, ada yang tegas dan ada yang rada jutek. saat selesai cek dokumen dan finger print saya mulai ikut antri dan sambil melihat petugas tersebut. jadi kita gak bisa milih sama siapa kita akan di wawancara. pengalam saya adalah sebelum saya maju kedepan saya sudah melirik pria yang mudah senyum dan aura luckyman nya kelihatan jadi saya berdoa dalam hati dan mengatakan Tuhan saya mau sama pria itu, dan well saya wawancara sama pria yang murah senyum itu.umurnya kalau dilihat dari wajah dan postur tubuhnya sekitar 40-50 tahun. wawancara gak lama tapi menetukan kelulusan kita. nanti akan saya buat apa saja yang di pertanyakan saat wawancara. jangan lupa senyum, sapa dan sopan yah teman-teman.





Persetujuan dan Mendapatkan Visa

ini nih yang di tunggu-tunggu para pejuang visa, kalian pasti tidak tahu kebodoran saya saat wawancara adalah sambil menjawab pertanyaan yang saya lirik adalah kertas pink. mengapa?alasannya, saya mau bilang sama tuhan saya tidak butuh kertas pink singkirkan kertas pink tersebut. dan ternyata di meja pria tersebut tidak ada kertas pink yang ada kertas putih. saat dia baca data diri saya di komputer yang saya katakan dalam hati apapun itu saya ikhlas menerima hasilnya. dan jreng..jreng.. pria tersebut mengambil kertas putih dan memberikannya and say to me "congratulation, your visa approved. saya sok cool gitu dan percaya diri banget padahal sebenarnya kaki saya sedikit gemetaran dan I'am say to god thank you. bodornya lagi saya tetap berdiri di depan pria tersebut dan dia bertanya whats wrong girl? dan saya menjawab my paspor sir. kemudian dia menjelsakan paspor kamu ditahan beberapa hari nanti akan diberikan visa nya di dalam paspor. anyway sebenarnya saya tahu itu paspor akan di tahan. karena saya gak nyangka bakalan di terima jadinya sayang bingung. but, its oke lah yang penting saya dapat kertas putih mereka. didalam kertas putih itu isinya mengenai visa saya disetujui dan visa jika sudah jadi akan diinfokan melalui email dan bisa di ambil di kantor mereka. bagi kamu yang sudah mencoba beberapa kali terus berjuang yah. jika sudah waktunya akan diberikan yang terbaik. satu hal yang menjengkelkan bagi petugas interview adalah jika kita di tolak mereka tidak memberikan alsannya dan ketika kita memohon,sekali mereka bilang no tetap no hasil akhirnya.





    okey, itu aja dari pengalaman pribadi saya. semoga membantu kalian semua. jika ada yang mau sharing di kolom komentar boleh. jika ada yang mau tahu agent travel apa aja yang saya pakai boleh ditanyakan. sekian dan trimakasih. semoga kalian diberkati selalu. 😊
















Komentar